Aeknaetek

Selalu Ada Keindahan di Setiap Lorong Kehidupan

PERISTIWA PENTING

Tidak semua peristiwa yang kita alami, berkesan, atau memiliki arti dalam perjalanan kehidupan selanjutnya. Apa yang tidak berarti, ter-delete dengan sendirinya dari memori otak kita, sementara yang berarti dengan sendirinya ter-save. Otak kita bisa memilah mana yang harus disimpan dan mana yang harus dibuang. Ini kecerdasan alamiah, yang tak perlu dipelajari dengan metode metode ilmiah yang njelimet, dan memusingkan. Otomatisasi ini tak membuat otak kita dipenuhi oleh sampah, dan tentu saja tak perlu membuat kita kehabisan ruang untuk menyimpan ‘file’.

Kecerdasan alamiah, membuat setiap peristiwa penting memiliki nilai sama; menyenangkan atau menyedihkan, membuat bahagia atau membuat duka, keberadaannya ter-save. Keduanya sama-sama bermakna. Suka dan benci, sama-sama tersimpan rapi. Untungnya kecerdasan alamiah itu tidak berdiri sendiri, ada sekian banyak lagi kecerdasan yang menyertainya. Membuat hidup tidak hanya hitam putih, tetapi berwarna dan tentu saja bermakna.

Apa yang tersimpan adalah data mentah, ada kecerdasan lain yang diperlukan untuk mengolah dan menginterpretasikannya. Bagaimana interpretasi atas data mentah itu, akan menghasilkan keputusan dan sikap kita. Menggambarkan bagaimana wajah kita, dan pada gilirannya akan menunjukkan bagaimana sebenarnya karakter atau kepribadian kita. Bagaimana kita menjalani hidup, dan seterusnya, dan seterusnya.

Memperlakukan data mentah yang tersimpan dalam ruang penyimpanan file di otak kita, membutuhkan ‘pisau’ analisa yang tepat. Nilai-nilai hidup yang selama ini kita yakini, wacana yang selama ini kita konsumsi, dan sekian banyak lagi pilihan ‘pisau’ yang kita pungut dari jalan sepanjang perjalanan hidup kita. Setiap hasil analisa dan kesimpulan yang kita buat, akan selalu mengandung konsekuensi. Terutama jika kita sudah memutuskan pada satu bentuk pilihan. Namun suka tidak suka, kita musti memilih, bahkan ketika pilihan kita pun adalah untuk tidak memilih.

Iklan

Agustus 4, 2011 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: