Aeknaetek

Selalu Ada Keindahan di Setiap Lorong Kehidupan

Berhenti Sejenak

Saat semuanya berjalan seperti apa yang direncanakan, langkah jadi enteng, semangat terpacu dan mimpi yang ada di kepala serasa sudah ada di depan mata. Sayangnya itu tak selalu terjadi, ada saja interupsi yang menghentikan langkah. Optimisme yang selama ini menjadi pandu, ada kalanya menjadi remang-remang. Gairah yang membuat segalanya seakan berjalan mudah, mulai kehilangan pesonanya. Berhenti, itu yang biasanya dilakukan.

 

Memulai kembali bukan perkara mudah, saya membutuhkan waktu cukup panjang untuk menempatkan segala yang sudah saya rencanakan pada treknya. Itu pun tak selalu berjalan mulus, pesimisme menjadi penghambat utama. Atau bahkan saya tak lagi peduli pada apa yang semula saya rencanakan, pindah haluan itu menjadi alternatif solusi agar saya bisa lagi kembali membangun gairah. Tetapi sekali lagi, tak ada jaminan bahwa rencana baru itu tak akan terinterupsi.

Tahun ini saya merencanakan menyelesaikan naskah novel yang selama ini beberapa kali tertunda. Saya mendesain persiapannya sejak awal, baru berjalan beberapa hari, segalanya lalu berantakan. Tugas keluar kotalah, sakitlah, tiba-tiba ada bagian rumah yang rusak dan harus ada waktu untuk membereskannya dan lagi-dan lagi. Ada banyak hal dalam hidup ini yang tak mampu saya kendalikan, dan saya belum terlatih untuk tetap pada trek jika semua itu terjadi. Saya mulai berpikir, apakah saya akan berhasil?

Keberhasilan membutuhkan konsistensi, sementara interupsi berhasil membuat saya menjadi pribadi yang tidak konsisten. Dari beberapa saran, yang tentunya hasil dari apa yang saya baca dari pengalaman orang lain, saya mesti belajar, mungkin bagi saya belajar sangat keras untuk konsisten alias fokus. Tidak hanya itu saya harus menyadari bahwa interupsi itu akan selamanya ada, bukan menghindarinya namun menyelesaikannya. Bagaimana caranya,…ada saran?

Juni 16, 2011 - Posted by | Renungan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

