Aeknaetek

Selalu Ada Keindahan di Setiap Lorong Kehidupan

Jebakan Pragmatisme

Kesibukan membuat otak ini malas berpikir, hidup hanya berdasar pada rutinitas, tak ada “gebrakan’, semuanya berlangsung begitu saja, tak ada torehan-torehan istimewa yang layak jadi kenangan yang menyenangkan atau bahkan juga menyedihkan. Ini yang sedang kualami.

Blog yang selama ini menjadi penampung segala bentuk keisengan, juga keseriusanku tak lagi tersentuh oleh polesan. Sesekali kulihat, namun hanya sebatas itu. Padahal aku ini ‘buruh’ yang barangkali dalam artian yang sesungguhnya, sebab hari-hariku sudah di ‘plot’ oleh jadwal-jadwal yang padat, tetapi itu semua tak menyentuh pada upaya pengembangan daya nalarku. Ini berarti aku tak akan lepas dari kesibukan, jadi kapan aku punya waktu untuk iseng, dan blogku kembali terisi? Rasanya tak mungkin ada waktu itu. Atau mungkin aku yang salah memandang rutinitasku?

Selama ini aku belajar melihat segala sesuatu dari berbagai sudut, mungkinkah aku sudah terjebak pada pragmatisme yang hanya berani melihat sesuatu dari satu sudut pandang saja? Sebab butuh energi lebih untuk melihat dari berbagai sudut, dan aku tak lagi memiliki cukup energi untuk hal itu. Atau aku mulai terserang sindrom ‘ajegisme’ (he..he..mungkin maksudnya senang dengan situasi yang monoton, tepatnya sih nggak senang juga tapi menikmati).

Thinking out of the box, sepertinya hanya menjadi mimpi bagiku yang berkubang dalam rutinitas kesibukan seperti saat ini. Pertanyaan mendasarnya adalah, untuk apa semua ini? Uang! Aha..!!! Dulu aku tak menyukai jawaban itu, namun ternyata aku kini berada dalam belenggunya. Alat tukar itu telah berhasil menyandera sisi kemanusiaanku, ideal-ideal hidupku. Anehnya aku mulai menikmati pesonanya, dan mulai berani mengukur segala sesuatu dari nilanya. Benar-benar gila!

Agustus 4, 2010 - Posted by | Renungan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

