Aeknaetek

Selalu Ada Keindahan di Setiap Lorong Kehidupan

Sulitnya Menjadi Positif

Menuliskan 10 hal positif yang melekat dalam diri, kukira ini adalah pekerjaan mudah. Tetapi ternyata aku membutuhkan waktu yang cukup panjang, kalaupun beberapa kutemukan, saat menuliskannya aku kembali dibayangi oleh beragam keraguan. Benarkah apa yang hendak kutuliskan ini melekat dan bagian dari diriku? Sehingga aku pun tak menuliskannya dan kembali berpikir, hingga akhirnya tak banyak yang bisa kutuliskan. Ini hal mudah, aku yakin memiliki lebih dari sepuluh, tetapi mengapa aku kesulitan saat hendak menuliskan atau mengungkapkannya?!

Penasaran dengan apa yang kualami, aku mencari pembanding, dikelas siswaku kuminta untuk menuliskan 10 hal positif yang mereka miliki, bahkan sebelumnya aku meminta secara lisan agar mereka menyebutkannya. Satu, dua, ada yang mulai membuka suara menjawab, tetapi tak berlanjut saat mereka telah menyebutkan beberapa. Situasi sebaliknya terjadi pada saat aku meminta mereka menyebutkan hal negatif yang mereka miliki, bahkan ada yang mampu menyebutkannya lebih dari sepuluh, dan itupun disebutkan dengan lantang dan mantap. Ini ironis namun ini adalah sebuah realitas, mengapa?

Bertanya pada rumput yang bergoyang, tentu bukanlah solusi, larut dalam kenyataan dan tak berbenah juga menyedihkan, setidaknya mencari tahu mengapa semua ini terjadi, mungkin lebih baik daripada terdiam. Satu dua pemikiran berkelebat di kepalaku, barangkali ini tak sepenuhnya benar, namun setidaknya membuat aku tak dibingungkan.

Apa yang keluar dari pikiran, aku yakin adalah hasil dari apa yang pernah masuk ke dalam pikiran. Apakah banyaknya pikiran negatif yang muncul dari pikiranku dan juga siswaku di atas juga adalah gambaran tentang lingkunganku yang selama ini berpikir negatif ?

bersambung

Februari 1, 2010 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

