Aeknaetek

Selalu Ada Keindahan di Setiap Lorong Kehidupan

Belajar Hidup dari Kehidupan 2

2) Wijaya Kusuma 

wijaya-kusuma 2Dulu di depan rumah, aku menanam bunga yang nyaris tak pernah kulihat indahnya. Kata orang ia bukan bunga biasa, keberadaannya dikaitkan dengan keberuntungan yang akan diperoleh jika seseorang melihat saat-saat mengembangnya.  Sebagai pemilik, aku tak lantas percaya begitu saja, namun belakangan aku mulai meyakini. Sangat beruntung jika aku dapat melihat bagaimana ia mengembang, sebab keberadaannya tak pernah lebih dari semalam, dan memang sangat mempesona. Kuncup, mekar, dan layu dalam waktu yang sangat singkat adalah siklus yang menjadikan bunga ini penuh misteri. Wijaya Kusuma, demikian bunga ini dinamakan.

 

Saat aku memikirkan bunga yang pernah kutanam, dan sempat beberapa kali sengaja menunggu bagaimana ia mekar, aku jadi ingat tentang kehidupan. Hidup sungguh sangat singkat, jika dibuat skala dengan membandingkannya pada umur bumi, barangkali keberadaannya hanya seperti titik yang perlu dilihat menggunakan alat bantu yang super canggih, dan itu pun belum tentu terlihat. Ibarat gelombang kejut, tak ubahnya hanya seperti tremor yang sekali bergetar setelah itu menghilang. Pertanyaanya, akan diisi dengan apakah hidup yang singkat itu?

 

Tak banyak hal yang kita bisa lakukan, itu pasti, terlalu lama berdiam mencari sesuatu mungkin justru tak akan pernah menemukan dan segalanya berakhir.  Sebab waktu tak pernah berhenti atau melambat. Namun walaupun sebentar, pendaran keindahan tetap sebuah hal yang mengagumkan, keberuntungan bagi siapapun yang pernah melihatnya. Kenapa tidak demikian kita arahkan kehidupan?

Iklan

Juli 20, 2009 - Posted by | Renungan | ,

1 Komentar »

  1. aku juga punya bunga wijaya kusuma itu,
    memang begitu indah, bahkan bungaku udah 10 tahun di tanam di halaman rumahku.

    Komentar oleh siswi | Januari 4, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: