Aeknaetek

Selalu Ada Keindahan di Setiap Lorong Kehidupan

Pesona Kemungkinan

Menyimak acara TV dalam beberapa hari belakangan, atau barangkali beberapa hari hingga beberapa bulan ke depan, banyak kalangan mulai membicarakan  partai apa yang kemungkinan menjadi pemenang Pemilu, siapa yang kemungkinan menjadi presiden, dan kemungkinan-kemungkinan yang lain. Sebelumnya di tempat kerja, kami juga membahas kemungkinan apa yang akan terjadi apabila sebuah kebijakan kami terapkan bagi siswa.

Setiap diskusi menjadi menarik, semua tampil menjadi sosok yang ‘paling tahu’ akan situasi yang akan terjadi. Pro dan kontra pun tercipta dari realitas maya itu. Tak jarang diskusi dibawa pada alur mencekam, dan bahkan mampu tidak saja menakutkan bagi mereka yang mengikuti namun juga bagi pembawa berita kemungkinan itu sendiri. Konstruksi bayangan optimisme juga sering terpancar dari realitas mungkin itu. Sehingga aroma keberhasilannya sudah terlihat, meski hanya di dalam kepala. Itulah kemungkinan, realitas yang tak terbantahkan.

Dalam pemahamanku kemungkinan itu memiliki daya pikat luar biasa, kehadirannya membuat kepala banyak manusia bekerja, sekaligus resah dibuatnya. Pembicaraan berhenti saat orang merasakan dan melihat kenyataan, ketakutan teratasi saat seseorang melihat yang sebenarnya, semuanya akan meninggalkan memori, terluka atau bahagia, dan sama sekali bukan imajinasi seperti halnya kemungkinan.

SEsuatu  bisa saja terjadi, bisa juga tidak sama sekali sepertinya adalah garis hidup kita. Energi keberanian kita seringkali dikikis oleh ketakutan yang luar bisa hanya gara-gara kemungkinan, optimisme saya yakin juga demikian. Perdebatan demi  perdebatan bertambah menarik saat kita tak pernah berada di alam kenyataan. Sebab jika sudah berada di alam nyata, kita hanya berujar; o..begitu!

Apa pendapatku ini ya mungkin?

Iklan

April 13, 2009 - Posted by | Renungan | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: