Aeknaetek

Selalu Ada Keindahan di Setiap Lorong Kehidupan

Saat untuk bertunas

Beberapa waktu yang lalu seorang teman berkunjung ke rumah. Ia melihat-lihat koleksi tanamanku, fokusnya pada beberapa tanaman yang sedang kucoba buat menjadi bonsai, meski dengan keterbatasan pengetahuan. Temanku tidak mentertawakan proyekku, namun justru berinisiatif membagi ilmunya. Menurutnya jika ingin berhasil, aku harus memotong beberapa cabang, padahal menurutku cabang yang ia sarankan itu adalah cabang yang bagus dan kuat.

Sayang membuang cabang-cabang itu, namun beberapa hari kemudian kucoba sarannya, tetapi tidak pada semua cabang yang ia sarankan. Sejak awal cabang itu memang kubiarkan tumbuh, sebab keberadaannya dapat meneguhkan diri’nya’ sebagai sebuah pohon.

Waktu terus berjalan, dan aku mulai melihat sesuatu pada calon pohon bonsaiku. Dari cabang yang kupotong, tumbuh tunas-tunas segar yang membuat pohonku tampak lebih megah dari sebelumnya. Sementara dari cabang yang tak kupotong, aku tak melihat pertumbuhan apapun, masih seperti sebelumnya.

Dari kenyataan ini aku memikirkan satu hal tentang keberanian memberi. Mengambil sesuatu dari apa yang kita miliki, seringkali tidak mudah. Memberi dalam pemahamanku berarti melepaskan seperti halnya memotong sesuatu yang selama ini menjadi bagian dari hidup kita. Namun kenyataan pohon tadi menyadarkanku bahwa melepaskan bagian dari apa yang kita miliki, tidak selamanya berarti kita akan kehilangan. Selama bagaimana kita melepaskan apa yang menjadi bagian dari milik kita itu dengan visi dan ketulusan serta  sikap yang benar maka sesungguhnya kita sedang memberi kesempatan pada tumbuhnya tunas-tunas baru yang segar. Dengan memberi, percayalah kita tak akan pernah kehilangan!!!

Iklan

Maret 21, 2009 - Posted by | Renungan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: