Aeknaetek

Selalu Ada Keindahan di Setiap Lorong Kehidupan

Anda Miskin? Bersyukurlah!


Apa yang terbersit dalam pikiran Anda saat membaca judul di atas? Bertanya-tanya, atau mungkin Anda menduga itu adalah judul yang sekedar menarik perhatian saja. Jujur, itu adalah yang ingin saya katakan sesungguhnya dan tidak sekedar menarik perhatian Anda.

Miskin dalam pengertian saya adalah tidak memiliki, kalaupun ada tidak mencukupi, dan kondisi ini cukup kasat mata. Sedangkan yang kedua adalah merasa miskin, nah yang ini tidak termasuk dalam tulisan yang saya maksudkan. Karena di antara keduanya terdapat situasi yang teramat sangat berbeda.

Merasa miskin adalah sesuatu yang dikonstruksikan oleh pikiran. Karenanya situasinya bisa sangat relative, karena nilai kekayaan sudah tereliminir oleh paham kepuasan. Kekayaan sudah menjadi sama dengan kepuasaan. Sementara kepuasaan adalah situasi yang tak berujung. Maka merasa miskin adalah situasi yang tidak akan pernah berhenti berapapun yang telah Anda peroleh. Keberadaannya bukan tentang berapa yang telah diperoleh tetapi lebih pada apapun harus kuperoleh. Sedangkan apapun tak berbatas. Kasihan bukan?

Anda miskin, berarti Anda tidak memiliki sesuatu yang bernilai di masyarakat. Karena saat ini kapitalis sedang menjadi genre maka kemiskinan Anda adalah ketidakpunyaan sesuatu yang bernilai dalam pandangan kapitalistik. Dalam pemahaman yang sangat sederhana Anda tak punya uang. Kalaupun ada itu hanya sekedar dapat Anda belanjakan untuk perut Anda. Tetapi karena kemiskinan Anda adalah sesuatu yang ril, maka ada kekayaan besar yang kini sedang bersembunyi di kepala Anda. Yah, Anda masih berani untuk berharap! Tahukah Anda, manusia yang paling berbahagia di dunia ini adalah manusia yang masih berani berharap, karena berarti di dalam kehidupannya ia masih memiliki harapan.

Iklan

Maret 10, 2009 - Posted by | Pencerahan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: