Aeknaetek

Selalu Ada Keindahan di Setiap Lorong Kehidupan

Ketika Aku Berdiam

Saat berdiam dan tak melakukan apa-apa saya sering berpikir dan bermimpi, andainya saya punya lebih banyak waktu. Sebagai pekerja yang berangkat pagi dan pulang menjelang malam, plus memiliki seorang putri mungil yang cantik. Saya merasa tak memiliki banyak waktu setelah sampai di rumah untuk mengerjakan hal-hal besar yang ada dalam pikiran saya. Sibuk dan repot! Itu adalah dua hal yang selalu menjadi kata pamungkas.

Jika sudah demikian saya hanya termangu berpikir dan merasa kenyataan yang ada adalah penghalang bagi pengembangan diri saya. Ini terjadi berulang-ulang, menggerus energi positif yang tak jarang menyala-nyala dalam diri saya. Tak berbuat apa-apa adalah sebuah kenyataan baru yang kemudian menjadi rutinitas setelah rutinitas terstruktur berakhir.

Mendisiplinkan diri untuk menulis meski satu paragraf perhari tak juga dapat dilaksanakan. Padahal sebagai orang yang memiliki cita-cita besar saya harus dapat mengarahkan energi untuk mencapainya, jika tidak maka saya hanya akan menjadi pemimpi karena kebanyakan tidur. Ini adalah masalah saya, yang diawali oleh pilihan berpikir saya yang sepertinya ada yang tidak pada hal yang semestinya.

Terus berpikir dan berharap situasi memberi ruang bagi kita untuk mengerjakan hal-hal yang kita pikirkan, sepertinya bukanlah pilihan yang tepat. Apalagi berpikir bahwa apa yang ada adalah penghalang, ini jelas tidak pada tempatnya. Lalu ?

Pagi ini saya mencoba berpikir berbeda; bukankah apa yang ada sekarang ini adalah sebuah pencapaian? Bukankah pencapaian ini adalah muara dari semua energi yang selama ini pula kita curahkan? Mengapa semua pencapaian itu tidak menjadi modal bagi pengembangan diri, setidaknya keberadaannya memotivasi atau menginspirasi toh semuanya akan terus bermuara ke sana lagi.

Iklan

Oktober 23, 2008 - Posted by | Renungan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: