Aeknaetek

Selalu Ada Keindahan di Setiap Lorong Kehidupan

Pencerahan

Mencari kemudian berhasil menemukan pencerahan dalam menjalani kehidupan, aku rasa bukanlah hal mudah. Inspirasi adakalanya mengalami kebuntuan, otak terasa mampet, kalau sudah demikian aku merasa kehilangan gairah. Gairah yang dapat menggerakkan sendi-sendi kehidupanku menjadi penuh warna.

Namun bukan berarti aku harus berhenti, menyerah, kemudian hanyut dalam aliran seperti layaknya bangkai yang tak mampu menggapai tepian. Meski tertatih, aku harus mencoba mewarnai dan memberi corak khas pada kehidupan, minimal itu berarti bagi hidupku sendiri. Syukur-syukur orang mengenalku karena corak yang kucoba torehkan pada kehidupanku.

Kadang aku berpikir, mereka yang punya nama besar, banyak yang tak pernah tahu kebesarannya. Tetapi segudang makna kehidupan mereka suguhkan, lengkap dengan berjuta misteri di dalamnya. Mozart pernah tidak dipandang, bahkan Karl Marx tak pernah kaya dengan ideologinya. Tapi Soekarno menikmati segalanya; perjuangan, kejayaan sekaligus kehancurannya. Gede Prama, tidak hanya kaya bathin tapi juga lebih secara finansial, prestise dan harga diri. Andreas Harefa, juga demikian. Kini, aku, entah mesti terinspirasi oleh yang mana, dan dicerahkan untuk mewarnai apa dalam proses panjang kehidupan ini.

Aku, guru ; mengajar adalah bagian dari waktu hidupku. Aku ingin bertolak dari realitas ini, menggali lebih dalam tentang arti pengajaran, dan mencari rumusan pendidikan di tengah keterasingan manusia saat ini. Bukan mencomot dan meletakkan dasar-dasar pendidikan dan pengajaran tanpa basis budaya. Aku ingin membangun kembali Local Genius bangsa ini, yang dihancurkan oleh nilai-nilai kapitalistik, meski aku tak pernah anti kehadirannya. Menyerap tradisi asing tanpa merasa perlu mengasingkan tradisi sendiri, dan mendikotomikannya, melainkan hanya perlu kecerdasan untuk melakukan proses kontekstualisasi, dan menemukan warna keuniversalan. Bersikap kritis pada arus perubahan, tanpa prasangka dan tak perlu apatis. Mengerti bahwa hidup adalah sebuah proses dinamis.

Bagi seorang Julius, memang ini adalah mimpi panjang. Tapi apasalahnya optimis !!! Kerja Keras adalah kata kuncinya.

Iklan

April 24, 2008 - Posted by | Renungan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: